Perbedaan Electro Plating dengan Hotdip Galvanized

Galvanis atau Galvanisasi adalah proses pemberian lapisan seng pelindung untuk besi dan baja yang bertujuan untuk melindungi dari karat. Galvanisasi pada umumnya dilakukan dengan 2 metode berbeda yaitu, memasukan bahan ke celupan panas di mana baja dicelupkan ke seng cair (Hot Dip Galvanized) atau dengan cara dialirkan listrik (Electroplating). Definisi lain tentang galvanisasi adalah proses protective zinc coating pada baja atau besi yang digunakan untuk mencegah karat.

1. ELECTROPLATING

Electrogplating menggunakan arus listrik dalam larutan elektrolit untuk mentransfer ion seng ke logam dasar. Ini melibatkan elektrik mengurangi ion seng bermuatan positif ke logam seng yang kemudian diendapkan pada bahan bermuatan positif. Penyuling biji juga bisa ditambahkan yang membantu memastikan lapisan seng halus pada baja. Dalam proses ini Ada dua buah plat logam yang dihubungkan dengan kutub positif dan negatif dengan terminal sumber arus searah (DC). Hal inilah yang membuat partikel galvanis menempel pada besi hingga ketebalan yang diinginkan.

2. HOT DIP GALVANIZED

Metode ini melibatkan pencelupan logam dasar ke dalam gen cair seng. Pertama, logam dasar harus dibersihkan secara mekanis, kimiawi, atau keduanya untuk menjamin ikatan mutu dapat dibuat antara logam dasar dan lapisan seng. Setelah dibersihkan, logam dasar kemudian difluks untuk membersihkannya dari sisa oksida yang mungkin tertinggal setelah proses pembersihan. Logam dasar kemudian dicelupkan ke dalam bak mandi cair seng panas dan ikatan metalurgi terbentuk

Begitu juga dengan kabel tray yang kami jual, kami menyediakan kabel tray dengan finishing electroplating ( untuk pemasangan kabel tray  indoor ) dan kabel tray finishing Hotdip Galvanized ( untuk kabel tray yang dipasang di outdoor ). Untuk mendapatkan info harga dan brosur katalog kabel tray dan aksesorisnya silahkan klik brosurkabeltray . Untuk menghubungi marketing kami silahkan klik TOMBOL BIRU di sebelah kanan bawah .